Home » Bandung Raya » Pembangunan Tak Berjalan Maksimal Tanpa Peranan Media

Pembangunan Tak Berjalan Maksimal Tanpa Peranan Media

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto saat paparan materi di hadapan peserta UKW Angkatan ke-XIII, di Grand Savoy Homann, Selasa (9/5). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sebaik apapun program pemerintah dalam pembangunan daerah, namun jika tidak didukung dengan penyebarluasan informasi oleh media massa, maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal itu yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, saat  memberikan materi dalam Seminar Peranan Pers dalam Pembangunan Daerah dan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan Ke- XIII, yang diselenggarakan PWI Pokja Kota Bandung di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Selasa (9/5).

Dijelaskan Yossi, pembangunan tanpa didukung media massa, tidak akan maksimal. Sebab, masyarakat luas tidak mengetahui secara rinci tujuan program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut. “Libatkan media dalam menginformasikan program pembangunan. Karena tidak bisa dipungkiri kegiatan pembangunan membutuhkan peran media,” ujar Yossi.
Dalam kesempatan sama, Yossi menyatakan, kerja sama instansi pemerintah dan media massa sangat penting. Terutama, khususnya peran media yang miliki kemampuan menjadikan sebuah informasi yang awalnya biasa menjadi penting untuk disampaikan kepada masyarakat. “Media  bisa menjadi mitra kerja pemerintah dalam mensukseskan setiap program pembangunan,” tandas Yossi.
Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung, Humas pindah dari Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi bagian dari Sekretariat Daerah Kota Bandung. Sehingga, terang Yossi, kegiatan pertemuan media yang digelar melalui program kegiatan “Bandung Menjawab” dilakukan dalam rangka penguatan jejaring kemitraan media massa dalam memberikan advokasi, komunikasi, informasi, dan edukasi program pembangunan ke masyarakat.
Melalui kegiatan Bandung Menjawab, pihaknya berharap media berperan dalam penguatan informasi dan memberikan jawaban terhadap masalah yang berkembang di masyarakat. Poin pentingnya, sahut Yossi, masyarakat perlu mendapatkan informasi. ”Sehingga program yang dilakukan kami bisa dipahami oleh masyarakat,” tandas Yossi. (koe)

Komentar

komentar