Home » Agenda » PWI Pokja Kota Bandung Gelar UKW

PWI Pokja Kota Bandung Gelar UKW

JABARTODAY.COM – BANDUNG Persatuan Wartawan Indonesia Kelompok Kerja Kota Bandung pada 9-10 Mei 2017, kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW).

“PWI Pokja Kota Bandung bekerja sama dengan PWI Provinsi Jawa Barat, dan didukung bank bjb selaku mitra kerja, akan menyelenggarakan UKW di Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung,” kata Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiyansyah, di Sekretariat PWI Pokja Kota Bandung, Senin (24/4).

Pria yang akrab disapa Andhy ini menjelaskan, UKW adalah bagian dari upaya sistematis dan terukur kualitas  profesionalitas wartawan. “UKW digelar untuk membentuk seorang jurnalis yang berkompeten dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” tegas dia.

Menurut dia, saat ini jurnalis di seluruh Indonesia harus tersertifikasi sehingga mengetahui bagaimana bekerja di lapangan hingga menghadapi narasumber.
Untuk itu, PWI Pokja Kota Bandung membuka kesempatan dan mengajak kepada para kuli disket di Kota Bandung dan Jawa Barat, untuk mengikuti UKW, yang dibuka dalam 3 jenjang tingkatan Sesuai Peraturan Dewan Pers Nomor: Peraturan-DP/II/2010, tertanggal 2 Februari 2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan, yakni tingkat muda (jurnalis/wartawan), madya (redaktur/asisten redaktur) dan utama (pemred/redpel), yang masing-masing pengujinya langsung dari Dewan Pers.

“Di UKW, jurnalis juga diuji bagaimana menjalankan profesi yang sesuai kode etik jurnalistik berlaku,” tutur Andhy, yang didampingi Ketua Panitia UKW Ferry Ardiyansah.

Ferry menambahkan, jika kepanitiaan tengah terus mempersiapkan pelaksanaan UKW. Secara keseluruhan pelaksanaan UKW, diklaim dirinya, sudah siap. Pemberitahuan dan undangan untuk   mengikuti UKW sudah disebar. “Kita sudah mengirimkan undangan ke   redaksi-redaksi media massa. Sementara, undangan dan pemberitahuan ke perwakilan-perwakilan PWI dilakukan PWI Provinsi Jawa Barat,” sebut Ferry.

Mengingat terbatasnya kuota   peserta, pihaknya berharap para awak media segera mendaftarkan diri. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 17 April dan akan ditutup 6 Mei.

Untuk informasi dan pendaftaran, bisa datang langsung ke Sekretariat PWI Pokja Kota Bandung, Jalan Panaitan No 23 Bandung, atau melalui telepon di 022-4210504, setiap hari kerja mulai pukul 10.00-19.00. Atau menghubungi Ferry (081394645572),  Herri (081222556506), Udin (081220497097). (koe)

Komentar

komentar