ojk
Home » Ekonomi » Berlaku Nasional, Bayar Pajak Kendaraan, Kini Bisa via BJB

Berlaku Nasional, Bayar Pajak Kendaraan, Kini Bisa via BJB

Dirut bank bjb, Ahmad Irfan (tengah), usai menandatangani MoU tentang pelayanan Samsat online Nasional di Kuta Bali.  (jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sepertinya, para pemilik kendaraan tidak perlu lagi repot saat melakukan pembayaran pajak. Kini, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan secara jauh lebih mudah.

Bersama 23 perbankan daerah, 4 perbankan BUMN, dan 3 perbankan swasta di Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk alias bank bjb bersepakat tentang pembayaran pajak kendaraan. Kesepakatan itu tertuang dalam penandaanganan nota kesepahaman antara 30 perbankan, Polri, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam hal Sistem Pelayanan Samsat Online (e-Samsat) Nasional, yang berlangsung di Kuta Bali, Kamis (15/11), dan dihadiri Kapolri, Jemderal (Pol) Tito Karnavian.

“Kesepakatan itu mencakup sistem pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Tahunan,” tandas Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan, dalam keterangan resminya, Jumat (16/11).

Ahmad Irfan meneruskan, penerapan samsat online nasional ini memudahkan para wajib pajak pemilik kendaraan, khususnya, di Jabar, untuk melakukan pembayaran di seluruh jaringan kantor ataupun jaringan elektronik bank yang telah bekerjasama. Dia menerangkan, para wajib pajak itu tetap dapat membayar pajak kendaraannya melalui jaringan bank yang bekerjasama dalam e-Samsat Nasional.

“Sebaliknya, masyarakat dan nasabah bank bjb yang punya  kendaraan yang tercatat di luar Jabar dapat membayar pajaknya melalui channel bank bjb, baik melalui ATM, SMS banking, maupun bjb net,” paparnya.

Selama ini, terang Ahmad Irfan,  pihaknya aktif berinovasi untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Inovasi itu, tuturnya, berupa kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor sejak 2014 melalui produk e-samsat Jabar dan t-samsat. Pihaknya pun, sambungnya, melakukan pengembangan sistem dan bekerjasama dengan pihak-pihak  untuk mengimplementasikan e-Samsat Nasional.

Sebagai perbankan daerah yang telah go public dan menasional, ucapnya, pihaknya siap menggerakkan ekonomi daerah. “Karenanya kami selalu mendukung program pemerintah, termasuk meningkatkan optimalisasi penerimaan daerah yang bersumber pada sektor pajak, salah satunya pajak kendaraan bermotor,” tutup Ahmad Irfan. (win)

Komentar

komentar