ojk
Home » Ekonomi » Destinasi Wisata di Jabar Ini Selevel dengan Destinasi Dunia

Destinasi Wisata di Jabar Ini Selevel dengan Destinasi Dunia

Curug Cimarinjing, salah satu sudut Geopark Ciletuh Sukabumi.
(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sudah sepantasnya, publik negeri ini bersyukur dan lebih cerdas. Pasalnya, Bumi Nusantara punya kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tidak hanya kekayaan flora dan fauna, kesuburan tanah, mineral, energi, bahari, dan lainnya, tetapi juga keelokan alam.

Itu semua menjadi sumber kekuatan negara ini. Tidak heran, banyak negara yang mengagumi dan mengakui apa yang dimiliki tanah air. Satu di antaranya, badan dunia bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan serta teknologi, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Di Indonesia, ada sejumlah titik yang mendapat pengakuan UNESCO. Satu di antaranya,  Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi.

“Dalam sektor pariwisata, Jabar punya potensi dan daya saing kuat. Satu di antaranya diakui UNESCO, yaitu Geopark Ciletuh,” tandas Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang)  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jabar 2018-2023 di Grand Ballroom The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatotsubroto Bandung.

Mantan Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk (Persero) itu meneruskan, saat ini, bukti pengakuan UNESCO itu yakni predikat Geopark Ciletuh yang kini menyandang UNESCO Global Geopark (UGG). Hal itu, katanya, membuat Geopark Ciletuh kian memperkuat dan melengkapi UGG lainnya di tanah air, yaitu Gunung Rinjani (Lombok), Gunung Batur (Bali), dan Gunung Sewu (Jateng).

Arief menyatakan, melihat kondisi itu, UGG Ciletuh menjadi salah satu titik wisata Jabar yang masuk rencana pengembangan menjadi destinasi Wolrd Class, bersama Kota Bandung dan Pangandaran.

Berdasarkan informasi berbagai sumber, UGG Ciletuh Sukabumi, kini, sejajar dengan beberapa geopark dunia lainnya, yang juga berpredikat UGG. Antara lain, Geopark Dunhuang dan Zhijindong Cave (Cina), Troodos (Siprus), Sitia (Yunani), Reykjanes (Islandia), Pollino (Italia), Mount Apoi (Jepang), serta Lanzarote & Chinijo Islands (Spanyol).  (win)

Komentar

komentar