ojk
Home » Ekonomi » Pengangguran di Jabar Didominasi Lulusan Ini

Pengangguran di Jabar Didominasi Lulusan Ini

(jabarttoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG – Hingga kini, masalah pengagguran masih menjadi persoalan yang belum tertuntaskan di Indonesia. Itu pun terjadi di Jabar.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar menunjukkan, hingga Agustus 2018, jutaan publik Tatar Pasundan masih jobless alias menganggur. “Berdasarkan data, di Jabar, hingga Agustus 2018, terdapat 1,85 juta orang yang belum mendapat pekerjaan atau menganggur,” tandas Kepala BPS Jabar, Dody Herlando, di BPS Jabar, Jalan PHH Mustopa Bandung, Senin (5/11).

Dody mengemukakan, dominasi tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jabar itu adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Persentasenya, tuturnya, sebesar 16,97 persen. Tertingg berikutnya, sambung Dody, yaitu lulusan perguruan tinggi sejumlah 6,37 persen. “Justru lulusan SD yang paling rendah, yaitu 4,48 persen. Itu terjadi lulusan SD mau bekerja di mana dan apa saja,” papar Dody.

Dody meneruskan, ada kalangan pekerja yang semestinya mendapat perhatian karena tergolong rentan jika terjadi gejolak. Yaitu, tukasnya, kalangan karyawan dan buruh, yang mendominasi lapangan kerja, yakni 48,39 persen atau 10,06 juta orang.

Soal sektor yang terbanyak menyerap tenaga kerja, ungkapnya, yaitu industri perdagangan sebesar 22,24 persen. Kemudian, lanjutnya, industri pengolahan sebanyak 20,93 persen. “Selanjutnya, pertanian sebanyak 13 persen,” tutup Dody.  (win)

Komentar

komentar