ojk
Home » Ekonomi » Dua Industri Ini Bisa Selamatkan Roda Ekonomi

Dua Industri Ini Bisa Selamatkan Roda Ekonomi

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Roda perekonomian nasional, termasuk Jabar, saat ini, masih belum stabil. Itu terjadi sebagai dampak perkembangan global, termasuk isu trade war antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Selain itu, juga imbas depresiasi rupiah.

“Sejatinya, sektor industri yang dapat berkembang adalah industri pengolahan. Komoditasnya bisa beragam, termasuk agro,” tandas pengamat ekonomi Universitas Padjadjaran, Aldrin Herwany, di Sekretariat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung Koordnator Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan (dulu Jalan Banteng) 116 Bandung, Jumat (19/10).

Menurutnya, jika pengelolaannya berlangsung maksimal, industri pengolahan dapat mendorong roda ekonomi. Hal itu, jelas dia, supaya hilirisasi industri lebih bergulir sehingga daya dorong dan saing lebih bertumbuh.

Aldrin menambahkan, selain pengolahan, industri pariwisata pun dapat mendorong ekonomi. Namun, katanya, pengembangan sektor pariwisata bukan hanya fasilistas di daerah tujuan wisata, tetapi juga pendukungnya, seperti akses infrastruktur dan industri kreatif pariwisata. “Umpamanya, produk-produk kerajinan dan merchandise, termasuk kuliner olahannya,” ucapnya.

Aldrin berpendapat, kedua industri itu berpeluang menarik investor, baik mancanegara maun domestik, untuk berinvestasi. Karena itu, saran Aldrin, sebaiknya, pemerintah menggiring para investor untuk berinvestasi pada sektor pengolahan dan industri kreatif pariwisata.  (win)

Komentar

komentar