ojk
Home » Ekonomi » Tentang BIJB, Ini yang Harus Jadi Fokus 

Tentang BIJB, Ini yang Harus Jadi Fokus 

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Keteraediaan infraatruktur berperan penting dalam mendorong laju peetumbuhan ekonomi. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar terus mengupayakan berbagai pembangunan infrastruktur. Satu si antaranya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Kalau berbicara tentang infrastruktur di Jabar, sebaiknya, fokus pada BIJB,” tandas pengamat ekonomi Universitas Padjadjaran, Aldrin Herwany, di Sekretariat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung Koordnator Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan (dulu Jalan Banteng) 116 Bandung, Jumat (19/10).

Namun, kata Aldrin, fokusnya tidak pada fasilitas BIJB dan aerocity-nya. Sebaiknya, saran Aldrin, fokus pada infrastruktur penunjang. Misalnya, jelas dia, akses menuju BIJB, seperti ruas tol dan kereta. Selain itu, sambungnya, perlu juga adaya jalur atau sarana penghubung dengan daerah di luar kawasan BIJB.

Pasalnya, jelas Aldrin, ketersediaan akses sangat berdampak positif, baik pengembangan BIJB, maupun perekonomian, baik daerah sekitar BIJB maupun lainnya. Aldrin berpendapat, infrastruktur akses dan jalur penghubung itu pun mempermudah serta mempercepat alur perpindahan orang dan barang.

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya, imbuh Aldrin, yaitu pengelola BIJB wajib memberi pelayanan prima. Itu, jelasnya, pun dapat menjadi langkah untuk “menarik” konsumen atau “memindahkan” maskapai dari Bandara Soekarnohatta dan Husein ke BIJB.

Secara ekonomi, Aldrin menilai ketersediaan BIJB beserta aksesnya dapat mendorong pertumbuhan eonomi Jabar. Estimasinya, sebut Aldrin, sebesar 5-6 persen. “Bahkan tidak tertutup kemungkinan melebihi pertumbuhan nasional,” tutupnya.  (win)

Komentar

komentar