ojk
Home » Ekonomi » Sepekan Jelang Idul Fitri, Ritel Laris Manis

Sepekan Jelang Idul Fitri, Ritel Laris Manis

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Hampir setiap pekan terakhir Ramadan atau menjelang Idul Fitri, kebutuhan berbagai komoditi mengalami kenaikan. Kondisi itu dirasakan para pelaku ritel.

Henri Hendarta, Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Jabar, mengiyakan bahwa kondisi ritel, khususnya di Jabar, memasuki pekan Ramadan tahun ini mengalami peningkatan. “Belum lama ini, saya memantau kondisi di beberapa daerah, seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, dan Sukabumi. Kami kira, Idul Fitri tahun ini lebih baik daripada momen sama tahun lalu,” tandasnya, Rabu (6/6) malam.

Henri mengemukakan, secara umum, pertumbuhan ritel pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2018 variatif. Secara rata-rata, sebutnya, pertumbuhannya 5-6 persen.

Menurutnya, pertumbuhan itu terjadi karena relatif stabilnya harga jual sejumlah kebutuhan pokok. Memang, ujarnya, pada awal Ramadan, harga jual beberapa komoditi sempat naik. Akan tetapi, sambungnya, dalam beberapa waktu berikutnya, harga jual kembali stabil. (win)

Komentar

komentar