Home » Ekonomi » Bisnis Katering Masih Lunglai

Bisnis Katering Masih Lunglai

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Perkembangan situasi dan kondisi ekonomi tajun ini, masih menunjukkan kecenderungan belum stabil dan belum menggeliat. Itu terlihat pada pertimbuhan berbagai sektor yang masih melambat.

“Memang, tahun ini, kondisi bisnis katering tahun ini tidak sebaik sebelumnya. Kondisi ekonomi tahun ini belum stabil. Efeknya, daya beli lemah. Kami turur merasakan dampaknya,” tandas Sekretaris DPD Asosiasi Pengusaha Jasa Katering Indonesia (APJI) Kota Bandung, Derry Septiadi, di Savoy Homann Bisakara, Jalan Asia Afrika Bandung belum lama ini.

Salah satu hal yang menjadi indikator terimbasnya bisnis katering, kata Derry, yaitu dalam hal omzet. Menurutnya, tajun ini, omzet bisnis katering drop 10 persen lebih rendah daripada 2016. Bahkan, kondisi ini, lanjut Derry, prediksinya, masih sama pada 2018. “Terlebih, persaingan pun kian ketat,” sahutnya.

Kendati masih mengalami perlambatan pertumbuhan. Derry optimistis bahwa katering.merupakan sebuah sektor bisnis yang masih menjanjikan dan berpeluang untuk terus berkembang. Ada beberapa hal, teramg Derry, yang membuat bisnis ini masih berprospek positif.

Di antaranya, imbuh Derry, predikat Bandung sebagai kota meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE). Hal itu, katanya, menjadi sebuah angin segar bagi pengusaha katering. Lalu, tambahnya, kebiasaan masyarakat yang menikah di gedung atau tempat-tempat tertentu, juga merupakan sebuah hal yang dapat berefek positif pada perkembangan bisnis katering masa mendatang.

Untuk menggeber pertumbuhan bisnis katering, Derry mengungkapkan, pihaknya melakukan sejumlah upaya. Di antaramya, menggelar ajang pameran katering pada 15-17.Desember 2017 se-Tatar Pasundan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Dipenogoro Bandung.

Dalam acara itu, cetusnya, pihaknya memproyeksikan pengunjung sebanyak 50 ribu orang dam transaksi bernilai Rp 6 miliar. Pihaknya, tegas Derry, optimistis bahwa proyeksi nilai transaksi dapat terealisasi. Dasarnya, seru Derry, dalam acara sama 2 tahun silam, pihaknya sukses mencatat transaksi Rp 4 miliar. (win)

Komentar

komentar