Home » Ekonomi » Pengamat Nilai Birokrasi Abaikan Data-Data Mendasar

Pengamat Nilai Birokrasi Abaikan Data-Data Mendasar

Pengamat Birokrasi dan Kebijakan Publik Medrial Alamsyah (dok.pri)

JABARTODAY.COM – Pengamat Birokrasi dan Kebijakan Publik Medrial Alamsyah mengatakan, birokrasi kita banyak melupakan hal-hal mendasar atau elementer yang seharusnya telah lama dikerjakan dengan baik sekian puluh tahun yang lalu oleh birokrasi sendiri.

“Birokrasi kita lupa menyelesaikan hal-hal yang mendasar dalam kaitannya dgn layanan publik yang baik, kalau saja hal yg basic itu mereka kerjakan dengan baik, maka masalah-masalah yang muncul saat ini tak mungkin muncul,” tegas Medrial Alamsyah dalam dialog khusus di Jakarta, Ahad (26/11),

Menurut Medrial, Masalah di Indonesia itu kebanyakan sangat sederhana karena kita meninggalkan hal basic yang seharusnya kita lakukan.

Hal basic yang dimaksud Medrial antara lain data-data elementer mengenai banyak hal terkait kependudukan, data produksi masyarakat, kebutuhan masyarakat, data pangan nasional, data skill dan kemampuan penduduk, energi nasional, areal lahan pertanian dan sejenisnya.

“Kita asyik bermain di atas awan. Jadi banyak masalah selesai jika kita mengerjakan hal-hal basic ini dengan serius,” jelasnya.

Terkait potensi ekonomi, Medrial menegaskan pentingnya data akar rumput seperti berapa banyak hasil pertanian (komoditi), proses produksi, skill yang dimiliki penduduk, dan sejenisnya di suatu wilayah.

“Bahasa kerennya supply chain atau rantai pasok yang eksis di daerah itu, berarti yang menghidupkan daerah itu. Bahasa ekonomi sederhananya berapa banyak transaksi di daerah itu dan berapa banyak yang bersumber dari daerah tersebut,” kata Medrial.

 

Komentar

komentar