Home » Ekonomi » Total Modal Koperasi di Tatar Pasundan Ternyata…

Total Modal Koperasi di Tatar Pasundan Ternyata…


JABARTODAY.COM – BANDUNG — Tidak disangkal, bahwa kehadiran koperasi sebagai salah satu unsur penggerak perekonomian, punya peran besar. Salah satu buktinya, jika mengacu pada perkembangannya, di Jabar, koperasi memiliki nilai modal yang besar.

“Di Jabar, koperasi memiliki nolai modal sangat besar. Total nilainya Rp 35,94 triliun. Setiap tahunnya, pembagian sisa hasi usaha (SHU) senilai Rp 3,73 triliun,” tandas Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eddy Nasution di Gedung Sate, belum lama ini.

Menurutnya, besarnya nominal modal itu merupakan sebuah potensi bagi koperasi untuk terus berkembang. Salah satu caranya, kata dia, koperasi dan UMKM dapat ambil bagian dalam sejumlah proyek, satu di antaranya, hadirnya Bandara Intrrnasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka, dalam hal pengelolaan Aerocity, kargo oleh pelaku UMKM, dan lainnya.

Sebenarnya, ujar dia, banyak strategi dan kiat yang dapat menunjang pertumbuhan perkoperasian di Bumi Pasundan. Misalnya, jelas dia, pemanfaatan perkembangan teknologi industri. Melalui teknologi, jelasnya, koperasi dapat mempromosikan produk sekaligus memperluas jaringan pasar secara lebih efektif dan efisien daripada pola konvensional.

Sementara itu, data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Jabar menunjukkan, jumlah koperasi sebanyak 25.933 unit. Sebanyak 16.542 unit di antaranya koperasi aktif. (win)

Komentar

komentar