Home » Ekonomi » Len Siap Garap Persinyalan PT KAI

Len Siap Garap Persinyalan PT KAI

Dirut PT Len Industri (Persero), Zaky Gamal Yasin (ke-3 dari kiri), dan jajarannya, termasuk komisaris, hadir dalam HUT PT Len Industri (Persero) ke -26, Kamis (12/10).
(jabartoday.com/erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Saat ini, ketersediaan teknologi mumpuni memang menjadi unsur penting dalam berbagai bidang, tidak terkecuali transportasi. Karenanya, sebagai salah satu industri strategis, PT Len Industri (Persero) terus melakukan berbagai upaya dani inovasi guna menghasilkan produk berteknologi tinggi, termasuk sistem persinyalan.

Hasilnya, lembaga BUMN itu mendaoar kepercayaan menggarap sistem persinyalan, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga mancanrgara. Yang terkini, PT Len Industri (Persero) menyatakan kesiapannya untuk menggarap proyek persinyalan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) untuk wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi-Tangerang (Jabodetabek).

“Persinyalan itu untuk meningkatkan pelayanan sekaligus mempercepat pergerakan antar-kereta. Saat ini, masih manual sehingga pergerakan antar-kereta tidak terlalu cepat,” tandas Zaky Gamal Yasin, Direktur Utama PT Len Industri (Persero), pada sela-sela Hari Ulang Tahun (HUT) PT Len Industri (Persero) di Kantor Pusat PT Len Industri (Persero), Jalan Soekarnohatta Bandung, Kamis (12/10).

Zaky mengemukakan, penggunaan sistem persinyalan itu pun didasari keinginan PT KAI (Persero) untuk mendongkrak volume penumpang, khususnya, kereta Jabodetabek. Informasinya, rata-rata penumoang kereta Jabodetabek sekitar 1 juta orang per hari. “Harapan PT KAI (Persero), sistem ini menaikkan volume enumpang menjadi 1,5-2 juta orang per hari,” ungkapnya.

Diutarakan, secara bisnis, persinyalan ini dapat berdampak positif. Pasalnya, jelas Zaky, potensi proyek persinyalan ini bernilai kontrak Rp 2 triliun. Proyeksinya, cetus dia, kontrak tersebut terealisasi akhir tahun ini. (win)

 

Komentar

komentar