Home » Ekonomi » Demiz: Mahasiswa Harus Berorientasi Jadi Pengusaha

Demiz: Mahasiswa Harus Berorientasi Jadi Pengusaha

Dedi Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat saat berkunjung ke Universitas Kuninga, Rabu, 13 September 2017 (Jabartoday.com/fahrus)

JABARTODAY.COM-KUNINGAN. Berwirausaha menjadi pilihan terbaik bagi mahasiswa untuk meraih masa depan gemilang. Pasalnya, berwirausaha  memiliki potensi dan peluang yang besar untuk menjadi jalan keluar masa depan bagi angkatan kerja di Indonesia.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat menjadi narasumber dalam acara Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) mahasiswa baru Universitas Kuningan (Uniku) di Gedung Students Center “Iman Hidayat”, Kuningan, baru-baru ini.

“Berwirausaha itu penting. Lebih baik menjadi pengusaha daripada pencari kerja. Karena itu, para mahasiswa harus memiliki cita-cita sebagai pengusaha. Menjadi pengusaha adalah salah satu solusi masa depan. Kita tahu  angkatan kerja begitu tinggi di Jawa Barat maupun di Indonesia, jalan keluarnya menjadi pengusaha. Membuka lapangan kerja baru atau menjadi pengusaha adalah suatu keniscayaan,” ujarnya pemeran naga bonar ini.

Dedi Mizwar juga memotivasi ribuan mahasiswa baru Uniku untuk mulai mencari peluang berwirausaha. Terlebih lagi, investasi di sejumlah daerah di Indonesia baik dari dalam maupun luar negeri kian berkurang. Menjadi pengusaha dengan membuka lapangan kerja baru, kata dia, akan memutuskan ketergantungan investasi luar negeri.

“Investasi yang ada saat ini baik dari dalam maupun luar negeri, belum mampu menyerap seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia. Saya berharap anak-anak muda Indonesia, termasuk mahasiswa Uniku agar memiliki kesadaran menjadi seorang wirausahawan,” ujarnya.

Ia menegaskan, mahasiswa jangan menjadi pencari kerja tetapi harus pemberi atau pembuka lapangan kerja bagi mahasiswa atau pemuda yang lain. Dengan cara menjadi pengusaha, diyakini akan mampu mengatasi problem ketenagakerjaan di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri, ujar dia,  terus mendorong pengembangan wirausaha melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan. “Sudah ribuan wirausaha baru kami lahirkan. Pemprov Jabar menargetkan akan lahir 100 ribu wirausaha baru pada 2018,” ujarnya optimis. (ruz/humas uniku)

Komentar

komentar