Home » Ekonomi » Ekonomi Triwulan III? Ini Prediksi BI

Ekonomi Triwulan III? Ini Prediksi BI

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jabar, Wiwiek Sisto Widayat.
(jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Selama semester pertama 2017, ekonomi nasional, utamanya Jabar, mengalami stagnasi. Itu terjadi karena masih terpengaruh oleh kondisi makro ekonomi.

Namun, pada triwulan III, Bank Indonesia (BI) memperkirakan roda perekonomian kembali bergerak. “Prediksi kami, ada pertumbuhan ekonomi pada triwulan III. Perkiraannya, pertumbuhannya 5,2-5,6 persen,” tandas Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jabar, Wiwiek Sisto Widayat, pada Hasil RDG dan Perkembangan Beberapa Indikator Ekonomi Jabar di lantai 5 KPw BI Jabar, Jalan Braga Bandung, Jumat (11/8).

Wiwiek meneruskan, terjadinya pertumbuhan itu dapat terlihat pada aspek pengeluaran, utamanya, bersumber pada konsumsi pemerintah, investasi, dan ekspor. Dalam hal lapangan usaha, lanjutnya, ada beberapa sektor yang menjadi penopang. Antara lain, sebutnya, pertanian, industri pengolahan, dan jasa, terutama pendidikan.

Menurutnya, faktor pendorong pertumbuhan pada triwulan III di antaranya, belanja pemerintah meningkat seiring adanya gaji ke-13 bagi PNS. Kemudian, lanjutnya, naiknya permintaan Amerika Serikat (AS). Selanjutnya, kata Wiwiek, menggeliatnya aktivitas jasa konstruksi. “Selain itu, adanya percepatan infrastruktur strategis dan terjadinya kenaikan output sektor otomotif,” ujar dia.

Soal inflasi, Wiwiek mengemukakan, memasuki triwulan III, kondisinya masih terkendali, yaitu pada kisaran level 4 persen plus minus 1 persen, lebih rendah daripada kondisi yang terjadi pada Juni 2017. Kondisi itu, terangnya, terjadi karena meredanya tekanan administered prices.

Hingga akhir 2017, Wiwiek berpendaoat, inflasi Jabar masih berada pada level yang sama, yaitu 4 persen plus minus 1 persen. Namun, tambahnya, ada beberapa hal yang dapat berpengaruh pada inflasi. Antara lain, sahutnya, bersumber pada kebijakan energi pemerintah. “Untuk itu, kami berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui berbagai program,” pungkasnya. (win)

 

 

Komentar

komentar