Home » Ekonomi » Soal Zakat, Begini Cara Pemkot Bandung Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Soal Zakat, Begini Cara Pemkot Bandung Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial di acara pembinaan Pendistribusian sabillilah Unit Pengumpul zakat Kecamatan Ujung Berung di Ponpes Syamsul Ulum, Minggu (18/6). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Unit Pengelola Zakat di kewilayahan diingatkan kembali untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan meraih kembali kepercayaan masyarakat. Hal itu diungkapan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial di sela pembinaan Pendistribusian Sabillilah Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Ujung Berung, di Pondok Pesantren Syamsul Ulum, Minggu (18/6).

“Kepercayaan masyarakat mengenai pengelolaan zakat di tingkat kelurahan masih minim, untuk itu perlu kembali meraih kepercayaan masyarakat melalui pelayanan dan pengabdian yang lebih ikhlas kepada umat,” ujar pria yang akbrab disapa Mang Oded ini.
Menurut Oded, ditunaikannya zakat, infaq, shodaqoh seorang muslim dapat menjadi syarat pembangunan islami. “Di balik keberkahan zakat, infaq, shodaqoh yang kita tunaikan sesungguhnya terdapat urgensi pembangunan islami,” jelas Oded.
Di tempat sama Ketua UPZ Kecamatan Ujung Berung Zamzam menjelaskan, pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan pengelolaan zakat Khususnya di wilayah masyarakat Ujung Berung. “Pengelolaan zakat ini akan dimaksimalkan hingga masyarakat kembali menitipkan zakatnya ke UPZ kelurahan dapat kembali ditunaikan,” terang Zamzam.
Seperti diketahui, untuk meningkatkan kesadaran dan memotivasi masyarakat di Kota Bandung dalam membayar zakat, Pemerintah Kota Bandung bersama Forum Organisasi Zakat meluncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui jumlah zakat yang wajib dibayar karena dilengkapi dengan kalkulator zakat. Pengguna dapat langsung melakukan transaksi zakat dengan cara transfer antar bank.
Selain itu, pengguna juga bisa memantau penyaluran zakat yang telah dibayarkan. Fitur lainnya adalah warga Kota Bandung bisa mendapatkan layanan mobil ambulan gratis yang bisa diakses melalui aplikasi tersebut. (koe)

Komentar

komentar