Tiket Idul Fitri Masih Cukup Tersedia

Jubelan calon penumpang kereta yang hendak bertolak dari Stasiun Bandung ke berbagai daerah tujuan.
(jabartoday.com/erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Di Indonesia, pada Ramadan, utamanya Idul Fitri, terdapat sebuah tradisi yang berlangsung turun temurun, yaitu mudik Idul Fitri. Pada momen itu, kerap terjadi berbagai peningkatan kebutuhan, termasuk transportasi.

Karenanya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) melakukan sejumlah langkah untuk memenuhi kebutuhan transportasi pada momen Idul Fitri, yaitu Angkutan Idul Fitri 2018. Di antaranya, menyiapkan puluhan ribu seat setiap harinya, termasuk kereta tambahan. Selain itu, juga memberlakukan pemesanan H-90 keberangkatan untuk kereta reguler dan H-60 kereta tambahan.

Ternyata, respon masyarakat begitu luar biasa. Terbukti, tingkat penjualan tiket kereta tergolong tinggi. “Secara keseluruhan, baik kereta ekonomi maupun komersil, penjualan tiket untuk Idul Fitri tahun mencapai 50 persen,” tandas Vice President (VP) Marketing Passemger PT KAI (Persero), R Agus Dwiyanto, pada sela-sela Pameran Foto Kereta di Stasiun Utara Bandung, Kamis (3/5).

Agus mengatakan, untuk arus mudik Idul Fitri 2018, tiket yang tersedia yaitu pada perjalanan H-10 sampai H-6. Sedangkan H-5 sampai H-1, yaitu kereta jarak jauh, secara rata-rata, habis terjual.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, menambahkan, dalam hal kereta ekonomi jarak jauh, yaitu Kutojaya Selatan, Kahuripan, dan Pasundan, baik reguler maupun kereta tambahan, untuk keberangkatan H-10 sampai H-5, pihaknya mencatat penjualan tiket  fully booked alias terjual 100 persen.

Akan tetapi, lanjutnya, tiket keberangkatan untuk kereta komersial jarak jauh, semisal Argo Wilis dan Harina, masih tersedia, yaitu pada H-6 dan H-7. Secara keseluruhan, ungkapnya, pada momen Idul Fitri 2018, sekitar 40 persen tiket masih tersedia.  (win)

Related posts