Home » Ekonomi » Luncurkan New Honda City untuk Dongkrak Pasar Sedan

Luncurkan New Honda City untuk Dongkrak Pasar Sedan

Direktur PT Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata (kiri) berpose dengan produk terbaru, New Honda City, di Atrium Utama Festival Citylink, Rabu (22/3). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Meski pasar sedan tidak semengkilap low cost green car (LCGC), low multiple purpose vehicle (LMPV), maupun sport utility vehicle (SUV), tidak membuat pabrikan asal Jepang, Honda, menepikan segmen tersebut. Buktinya, Honda memberikan penyegaran kepada salah satu produk mereka, yaitu City. Dengan mengusung konsep “escalate the game, New Honda City tampil makin agresif dan sporty.

Penurunan segmen sedan diakui oleh Direktur PT Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata. Dirinya mengungkap, sepanjang Januari hingga Februari 2017, market mini sedan turun nyaris 40 persen dibanding tahun sebelumnya. “Kalau di kelas small atau medium, angkanya meningkat,” tukas Iwan, dalam peluncuran New Honda City dan All New Honda Odyssey, di Festival Citylink, Rabu (22/3).

Menurut Iwan, penurunan sedan diakibatkan bergesernya kebutuhan masyarakat terhadap salah satu jenis kendaraan roda empat tersebut. Saat ini, masyarakat lebih menyukai mobil keluarga (family car), yang kapasitasnya lebih banyak, dan interior lebih luas. “Apalagi sedan dianggap kendaraan mewah. Dan, saat ini masyarakat mencari mobil yang lebih murah dan berkapasitas besar,” urai Iwan.

Di tempat sama, Operational Manager PT Honda Bandung Center Junianto Naibaho menyebut, market share untuk segmen mini sedan di Jawa Barat mencapai 44,1 persen. Maka itu, pihaknya menargetkan penjualan New Honda City pada tahun 2017 ini sebanyak 130 hingga 140 unit. “Dengan adanya penyegaran di New Honda City, bisa menaikkan pasar sedan,” ucap Jun, sapaan akrabnya.

Sementara untuk Odyssey, pihaknya tidak memacangkan target tinggi, mengingat produk ini masuk ke dalam kelas premium. Apalagi, pihaknya tidak terlalu jor-joran dalam memasok produk tersebut. Dalam periode Januari hingga Februari 2017, Odyssey berhasil terjual 4 unit, di periode sama tahun lalu hanya 2 unit. “Target tahun ini sekitar 30-35 unit,” sebut Jun.

New Honda City yang tersedia dalam varian E, baik transmisi CVT maupun manual 5 percepatan, dibanderol Rp 317 juta untuk tipe E manual, Rp 327 juta untuk E CVT (on the road). Dengan lima pilihan warna, yakni white orchid pearl, lunar silver metallic, crystal black pearl, modern steel metallic, dan nocturne night metallic.

Untuk All New Honda Odyssey yang tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu super platinum metallic, modern steel metallic, white orchid pearl, serta crystal black pearl, dijual dengan harga Rp 724 juta untuk tipe 2.4 L Prestige (on the road). (vil)

Komentar

komentar