Home » Ekonomi » Jangan Pukul Rata Perhitungan NJOP

Jangan Pukul Rata Perhitungan NJOP

Yossi Irianto
Sekretaris Daerah Kota Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG Paparan terkait Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, terutama dalam mendorong peningkatan PAD dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan,  diapresiasi Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto. Dia sepakat prinsip keadilan dan proporsionalitas harus dikedepankan dalam proses penentuan nilai pajak.

“Pada hakikatnya, pajak itu memang harus dimaksimalkan. Tetapi prinsip tidak memberatkan masyarakatpun harus jadi pertimbangan. Jadi pajak itu, harus menghasilkan tapi jangan membebani masyarakat, kata Yossi,  di Balai Kota Bandung, Jumat (13/01).

Maka dari itu, Yossi meminta agar perhitungan nilai pajak itu bisa betul-betul proporsional, serta tidak ada lagi perhitungan pajak dengan sistem pukul rata bagi semua objek pajak.

“Kita ingin penerapan penyesuaian NJOP mengedepankan asas proporsional dan berkeadilan dimana nilai yang harus dibayar antara objek pajak perumahan dibedakan dengan industri. Bahkan, kalau bisa sesuai dengan keinginan Wali Kota, orang yang tidak mampu dibebaskan pembayaran pajaknya,” tutur Yossi.

Yossi juga menekankan, agar proses koordinasi dengan pihak legislatif dan unsur masyarakat lainnya dilakukan dengan apik. Dia tidak ingin kebijakan yang baik ini tidak diiringi dengan proses yang baik pula. “Kita harus sampaikan, esensi pajak itu adalah asas keadilan. Karena pajak itu digunakan untuk pembangunan fasilitas, untuk memberikan pelayanan publik dan mengentaskan kemiskinan,” pungkas Yossi. (koe)

Komentar

komentar