Home » Ekonomi » Perkecil Lelang Perbanyak E-Katalog

Perkecil Lelang Perbanyak E-Katalog

downloadJABARTODAY.COM – BANDUNG Terobosan Pemerintah Kota Bandung dalam penerapan Katalog Elektronik (e-Katalog) merupakan upaya memperkecil pintu korupsi dalam pengadaan barang dan jasa.

Sistem yang digagas di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ini dinilai baik, karena dapat diawasi secara terbuka oleh masyarakat.

APBD Kota Bandung yang  mencapai Rp 7 triliun lebih terbilang besar untuk mengelola 2,4 juta penduduk. Oleh sebab itu, harusnya warga Bandung mendapatkan kualitas lebih dari pemanfaatan anggaran baik berupa infrastruktur dan kesejahteraan. “Kualitas infrastruktur di Bandung, mulai banyak yang layak dan terlihat hasilnya,” kata Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Bandung Dedi Supandi, usai acara Konferensi Nasional Insan Pengadaan 2016, di Balai Kota Bandung, Kamis (1/12).

Seyogianya, kata Dedi, masyarakat dapat merespon revolusi kebijakan anggaran yang dilakukan Wali Kota Bandung dengan memberlakukan e-Budgeting dan e-Katalog di semua kegiatan pengadaan barang dan jasa

Sehingga, mekanisme pembangunan di Kota Bandung, akan lebih mengedepankan lelang serta memungkinkan pekerjaan lewat jalur pemilihan dan penunjukan forsinya menjadi semakin kecil, bahkan bisa saja tidak ada.

Tahap selanjutnya, ULP akan memperkecil lelang serta memperbanyak e-katalog, termasuk e-katalog lokal. “Semua ini bisa dilakukan setelah ULP mandiri efektif,” pungkas Dedi. (koe)

Komentar

komentar