Home » Ekonomi » E-Katalog Dorong Percepatan Pembangunan

E-Katalog Dorong Percepatan Pembangunan

ridwan-kamilJABARTODAY.COM – BANDUNG Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, belakangan banyak kerja sama yang dibangun antara Pemerintah Kota Bandung dengan LKPP. Salah satunya, sedang persiapan e-katalog lokal yang dimulai dengan syarat  ULP-nya harus mandiri. “Januari mendatang, kita sudah siap dengan e-katalog, artinya kita siap memasuki tahap selanjutnya,” kata Ridwan Kamil, usai penandatanganan Pakta Integritas bagi Pengguna Anggaran, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Konferensi Nasional Insan Pengadaan Indonesia 2016, di Balai Kota Bandung, Kamis (1/12).

Menurut Emil, biasa dia disapa, yang krusial adalah pembiayaan kegiatan melalui PPP.  “Kita lagi bikin prototipe yang didampingi LKPP supaya prosedurnya baik. Setelah lulus satu dua proyek, nanti kita menyelenggarakan sendiri kerja samanya,” ujar Emil.

Yang terang-terangan dibantu oleh LKPP, sahut Emil, salah satunya pembuatan PJU yang jumlahnya sekitar 30-50 ribu lampu. Kegiatan itu  akan dilakukan melalui Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).”Itu berjalan untuk kegiatan berikutnya rumah sakit juga akan dikerjakan lewat KPBU,” tukas Emil.

Dengan demikian, menggunakan istilah Ketua LKPP Indonesia Agus Prabowo, “Jangan menunggu uang, baru kita menunggu pelayanan kepada warga”. “Dengan tidak ada uang kita bisa gunakan KPBU,  sehingga perubahan dirasakan oleh masyarakat dengan mekanisme keuangan yang kita atur,” seru dia.

Contoh yang paling keren, kata Emil, pengadaan mobil sampah berteknologi tinggi. Dulu hanya mimpi harus lelang lama hingga dua tahun baru beres. “Ternyata dengan e-katalog luar biasa, hitungan hanya tiga bulan kita bisa membeli secara transparan dengan mekanisme yang sangat wajar,” tutup Emil. (koe)

Komentar

komentar