Home » Ekonomi » Tiga Sektor Topang Ekonomi Jabar

Tiga Sektor Topang Ekonomi Jabar

jabartoday.com/net

jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam dunia ekonomi, ada beberapa sektor yang menjadi penopang terciptanya pertumbuhan. Di Jabar, setidaknya, terdapat 3 sektor penopang ekonomi.

“Yaitu industri pengolahan sebesar 43,03 persen, perdagangan sejumlah 15,21 persen, dan pertanian 8,71 persen,” tandas Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jabar,  Soekowardojo, pada Pertemuan Tahunan BI 2016 di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatotsubroto Bandung, belum lama ini.

Menurutnya, sebenarnya, Jabar memiliki beberapa produk dan komoditi berdaya saing tinggi. Antara lain, ujarnya, tekstil dan produk tekstil (TPT) serta peralatan elektronik. Namun, kata Soekowardojo, daya saing Jabar masih kalah oleh Jakarta dan Jatim. Pasalnya, kilah dia, ke-2 provinsi itu memiliki pelabuhan, yaitu Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

Menurutnya, hasil riset menunjukkan, kehadiran ke-2 pelabuhan itu mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi. Karenanya, Jabar memerlukan pelabuhan guna mempercepat akselerasi pertumbuhan.

Dasar itulah, ucapnya, yang mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mencetuskan rencana pembangunan Pelabuhan Patimban Subang. “Kami kira, itu rencana positif dan dapat berpengaruh pada perekonomian Jabar,” pungkasnya.  (win)

Komentar

komentar