Home » Bandung Raya » Penuhi Hasrat Para Lansia

Penuhi Hasrat Para Lansia

Kepala DP3M Kota Bandung Dedi Supendi bersama para lanjut usia saat pengajian di Masjid Al-Ukhuwah, Selasa (25/4). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Pemerintah Kota Bandung akan memfasilitasi lansia dengan berbagai terobosan kegiatan. Hal ini dilakukan melalui “Gerakan Bandung Cinta Lansia”, yang diawali dari “Minggu Lansia” pada Mei 2017.

“Meski sudah berusia tua, lansia juga butuh didengar keluh kesahnya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supendi, usai pengajian lansia di Masjid Raya Al-Ukhuwah, Selasa (25/4).

Dedi menjelaskan, Gerakan Cinta Lansia akan diisi kegiatan sesuai keinginan dan permintaan para lansia tersebut. Beberapa kegiatan yang fokus dan memiliki peranan penting dalam meningkatkan produktivitas lansia, tak luput dari perhatian dinas, sehingga kebijakan yang diambil dapat membantu lansia menemukan solusi tentang apa yang dialami saat ini. “Melalui Minggu Lansia, mereka dapat menyampaikan apapun yang dirasakan, baik dari sisi kesehatan maupun permasalahan terkait aktivitas sehari-hari,” jelas Dedi.

Diutarakan Dedi, pada kegiatan Gerakan Bandung Cinta Lansia, nantinya juga akan dilakukan pemenuhan hasrat bagi para lansia. Selanjutnya lansia akan diberikan informasi bagaimana mengatasi masalah dalam kesehatan di usia yang semakin senja. “Diharapkan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Para lansia yang akan mengikuti kegiatan dapat menyampaikan masalah dan kendala yang dirasakan, untuk selanjutnya dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat,” harap Dedi.

Menyoal pembinaan mental spiritual lansia, sambung Dedi, tentunya tal lepas dari kesejahteraan para lansia. Itu pula yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia. “Upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lansia, salah satunya adalah pelayanan keagamaan dan mental spiritual,” terang Dedi.

Terpenting, langkah memproteksi para lansia memberikan dampak positif terhadap indeks kebahagiaan. Maka, bukan tidak mungkin akan perpanjang usia para lansia. “Indeks kebahagiaan meningkat dengan rata-rata umur warga Kota Bandung, dapat meningkat pula,” tutup Dedi. (koe)

Komentar

komentar